Tidak ada ruh yang gentayangan dalam Islam

Nabi Muhammad saw menjelaskan ketika sahabatnya baru saja meninggal. Bila seorang mukmin meninggal dunia. arti orang mukmin berarti dia menjalankan kelima rukun islam dan meyakini keenam rukun iman. Akan datang 3 sosok malaikat 2 malaikat Rahma dikiri dan kanannya membawa kain kafan dari surga dan 1  malaikat Maut di ubun-ubun kepalanya.

lalu malaikat maut itu berkata:

“hai jiwa yg baik, hai jiwa yg mulia kembalilah kepada pengampunan dan rahmat Tuhanmu”

lalu  ruhnya keluar dari jasadnya lebih mudah daripada keluarnya air dari mulut kendi. Lalu malaikat Rahma menagkapnya dan membungkusnya dengan kain kafan dan membawanya ke langit dan menuju 7 lapis langit. Setiap melewati lapsan langit tsb malaikat” disana berkata ruhnya siapa ini sungguh mulia ruh ini. lalu nabi kita Muhammad saw mengatakan kenapa para malaikat berkata seperti itu. karena ruh ini mengeluarkan bau wangi yang lebih wangi dari bau Katsuri.

lalu terdengarlah dari sana Langit ke 7 yaitu suara Allah swt. berkata..

“Catatkan hambaku ini termasuk penghuni surga dan kembalikan dia ke dunia karena disana dia Saya ciptakan dan disana pula Saya akan kembalikan.”

lalu diantarkan  bersamaan jasadnya oleh kerabatnya dimasukkan kedalam liang lahatnya, 3 langkah mereka jalan dan ruh ini masih mendengar,  setelah itu malaikat Mungkar dan Nakir datang utk menanyakan mayit dikuburan, mendudukkan orang ini dan berkata:

“siapa Tuhanmu, siapa nabimu, apa kitabmu?”

Kalau dia mukmin dia akan menjawab langsung.

“Tuhanku Allah, nabiku Muhammad kitabku Alquran.”

Sebagaiman firman Allah swt dalam Alquran, Allah akan menetapkan di lisan orang yg beriman itu perkataan yg benar di dunia selama mrk di dunia dan jg selama di akhirat, maksudnya saat menjawab pertanyaan malaikat Mungkar dan Nakir di kuburan.

Setelah itu Mungkar dan Nakir membukakan pintu neraka dg berbagai azab dan siksaan yg ada di dalamnya. Orang yang disetrika, dipotong, org yg diberikan minum nanah dan darah dsb.  dan malaikat berkata:

“lihatlah dari apa Allah telah selamatkan dirimu.”

Lalu ditutup pintu neraka tsb. dibuka pintu surga, istana, dayang-dayang, kehidupan yg abadi yg nikmat luar biasa, sampai ruh ini kagum, lalu malaikat mengatakan:

“inilah tempat kamu sekarang.”

yang terjadi apa? ruh mukmin ini lalu berdoa mengatakan:

“Ya Allah cepatkanlah waktu karena saya ingin masuk ke dalam surga saya.”

Lalu kata nabi, ruh tsb kemudian didatangi oleh seseorang yg tampangnya bagus, pakaiannya bersih, bau badannya wangi, sampai jenasah ini kagum dan bertanya:

“siapa kamu ini sungguh mulia ciptaan Allah pada dirimu.”

Lalu orang itu berkata:

“saya amal sholehmu yg akan menemanimu hingga hari kiamat.”

Jadi ruh orang mukmin ini akan ditemani oleh amal sholehnya yg berubah menjadi seseorang yg sangat tampan bersih wangi yg akan menemani dia sampai hari kiamat.

lalu kata Nabi Muhammad saw berkata, Allah pun berkata pada para malaikat

“Bentangkan kuburannya hambaku ini seluas pandangan matanya dan bukakanlah jalannya menuju surganya.”

Maka jadilah kuburan dia menjadi taman dari taman surga.

Sebaliknya kemudian kata nabi Muhammad saw  bila orang itu fasik. Siapa itu org yg fasik? ia adalah org yg mukmin tp dia masih bermaksiat dan tidak sempat tobat sampe dia meninggal. Dia orang fasik ini sama mekanisme matinya sama dg orang-orang kafir. Kata Nabi maka akan datang kepadanya 3 sosok malaikat, 2 malaikat Azab di kiri dan kanannya yg membawa kain kafan dari neraka dan satu malaikat Maut di ubun-ubun kepalanya yg akan mengatakan kepadanya..

“wahai jiwa yg busuk keluarlah kepada kemurkaan Tuhanmu.”

lalu ruhnya tidak mau keluar dari jasadnya. Lalu para malaikat memaksa dg keras.

Maka kata nabi :

lihatlah firman Allah kalau kalian mengetahui (Surat Al Anfl )

Kalau seandainya kalian bisa melihat bagaimana dasyatnya para malaikat pada saat mencabut ruhnya orang-orang fasik dan kafir itu dan dikatakan kepada mereka rasakanlah panasnya api neraka.

lalu apa yg terjadi? ruhnya ditarik dg keras.

kata Nabi Muhammad saw, ruh itu keluar dari jasadnya spt ibaratnya bulu domba yg dibasahkan kemudian dililitkan dipohon berduri dan ditarik dg keras shg berantakan bulu domba tsb.

setelah itu dibungkus dg kain kafan dari neraka dan dibawa ke langit. Baru tiba di langit pertama saja para malaikat itu bertanya

“Ruhnya siapa ini? sungguh buruk ruh ini.”

Maka apa yg terjadi, kata Nabi Muhammad saw ternyata ruh ini mengeluarkan bau busuk yang baunya lebih busuk dari bangkai.

lalu terdengar dari langit ke 7 yaitu suara Allah swt. dan berkata:

“catatkan hambaku ini sebagai penghuni neraka. Dan kembalikan dia di dunia krn disana Saya ciptakan dan disana pula Saya akan bangkitkan.”

Dikembalikan bersama oleh jasadnya dan diantarkan ke kuburan kemudian 3 langkah mereka jalan, si roh masih bisa mendengarkan langkah kaki mereka, setelah itu datang mungkar dan nakir kepadanya, mendudukkan dia dan bertanya:

“Siapa Tuhanmu, siapa nabimu dan apa kitabmu?”

Maka walaupun orang itu muslim sudah hafal mati Tuhanku Allah nabiku Muhammad kitabku Quran, kalo dia fasik bermaksiat dan tidak sempat taubat sebelum meninggal maka hukumnya sama dengan hadist ini, kata Nabi dia akan mengatakan:

“a..aaa.aa saya ga tau saya ga tau saya hanya ikut-ikutan dulu orang bilang apa.”

lalu dibukakan bgnya pintu surga. Dia sangat kagum dengan surga tsb., tertarik dg bagusnya dg dayang-dayangnya dg fasilitasnya.

Lalu malaikatpun berkata:

“lihatlah dari apa kamu haramkan dirimu kamu sendiri.”

lalu ditutup pintu surga dan dibukalah neraka, azab, siksaan ada disana.

Lalu malaikatpun mengatakan:

“inilah tempat kamu sekarang.”

Maka jenasah roh itu berdoa kepada Allah mengatakan:

“Ya Allah, jangan Engkau cepatkan waktu, karena aku tidak ingin masuk ke nerakaku.”

lalu setelah itu datanglah sosok tampangnya menakutkan, bau badannya busuk, sangat tidak baik, membuat jenasah ini kaget dan langsung mengatakan:

“siapa kamu?sungguh buruk ciptaan Allah pada dirimu.”

Lalu orang itu mengatakan:

“saya adalah amal burukmu yg akan menemanimu sampai hari kiamat.”

maka setelah itu, kata nabi, ada 2 riwayat Bukhari:

  1. Dinding kuburunnya akan menjepit tubuhnya hingga tulang rusuknya menyatu
  2. Allah akan utus malaikat yang tidak memiliki pendengangan dan penglihatan yg membawa besi yg kalo besi itu seluruh jin dan manusia sepakat utk membalikkan besi itu saja mereka tidak akan mampu, dan bila dihantamkan ke gunung maka akan hancur gunung tersebut, lalu dihantamkan ke orang tersebut lalu hancur lalu diutuhkan kembali begitu terus sampai hari kiamat.

Riwayat ini menjelaskan bagaiamana keadaan kuburan dan orang yg sudah meninggal.

jadi dalam islam tidak ada ruh yg gentayangan.

Ditulis dan diceritakan kembali dari kajian ilmu Islam bersama Ustadz Khalid Basalamah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: