Tips lolos TPA (bag.2)

seperti janjiku kemarin ya..aku mo share contoh soal n cara liat soal2 itu sendiri..

siapin ice milo ah, biar agak dingin otaknya..he..he..cemilan2 juga boleh..

oia, masih inget kan?kalo TPA itu bukan soal matematika? apa buktinya? liat deh contoh soal berikut ini;

1. Bila x=11% dan y=1/11, maka?

cara jawabnya ga usah dihitung, bayangin aja ada penjualan kue 10%+1% dibandingkan dengan kue 1 dibagi 11 orang banyakan mana hayo?? imajinasi lebih mudah ketimbang ngitung bukan?

2. 73 x 77, kalo nemuin soal kaya gini, coba deh jumlahin kalo belakangnya 10 berarti cara ini bole dipake;

7,3 x 7,7 = 56  \  21 >> hasilnya 5621

56 didapat dari perkalian angka yg mendekati 7,7 adalah 7 dan 8

21 didapat dari perkalian 3 dan 7

3. 85 x 75, gimana kalo angka depannya beda? sepanjang angka dibelakang berjumlah 10, tips berikut bisa dipake;

     kalo nemuin soal kaya gini, maka angka yg paling besar yang dihitung, yaitu 85=80 + 5 >> kuadratkan dan menjadi minus (-) >> 80 (kuadrat) – 5 (kuadrat) = 6400 – 25 =6375

4.  1 +2+3+4+5+….+30= ? berapapun panjangnya deret ini bisa diselesaikan dg rumus ini😦 N+1)/2 x N

      = (30 + 1)/2 x 30 = 15,5 x 30 = 465

5. Hafalkan bilangan2 ini >> 1/2 = 50%

                                                         1/3 = 33,33%

                                                          1/4= 25%

                                                          1/8 = 12,50%

                                                           1/16 = 6,25%

                                                           1/32 = 3,125%

                                                           3/8 = 37,50%

                                                           7/8= 87,50%

                                                           5/8 = 62,50%

       percayalah ini sangat akan membantu.

6.  Premis>> perhatikan ketentuan berikut, dan hafalkan!!

Bila ada pernyataan yang mengandung kata berikut;

semua    >>  artinya pernyataan itu mutlak

sementara, tidak semua, mungkin semua, sebagian, beberapa, ada >> artinya pernyataan itu tidak mutlak , atau paling tidak ada satu.

nanti kalo ada waktu ak scan deh corat-coret tipsnya ya.. just be patient..

FAITO OGH !!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: